Rabu, 23 Desember 2015

Overheat Pada Honda Vario, Apa Penyebabnya?

Motor merupakan serangkaian perangkat rumit bagi sebagian orang yang tidak memahami ilmu otomotif. Namun untuk sebagian pelaku otomotif tentu ini menjadi sebuah mainan manis yang bisa membuat mereka lebih semangat dalam bekerja. Beberapa orang mungkin saja bisa memberikan alasan yang berbeda untuk menghadapi satu masalah yang sama. Hal ini disebabkan oleh komponen yang ada pada motor saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Sehingga bisa saja ketika terdapat sinyal kerusakan atau warning, ternyata sumber didapatkan dari sebuah komponen kecil.Honda Vario

Apakah Anda pemilik skutik Vario? Pernah mendapati masalah pada deteksi lampu overheat Honda Vario menyala? Jika Anda tanyakan pada beberapa teknisi mungkin jawabannya akan beragam, namun Anda tidak perlu bingung kemudian memutuskan bahwa teknisi A salah. Karena sangat mungkin kerusakan komponen timbul disebabkan oleh beberapa hal. Pada kasus kali ini pemilik Vario mengetahui motornya mengalami overheat setelah motor terendam banjir. Dari situ juga terjadi kebocoran pada radiator. Jawaban dari kasus ini bisa bermacam, jadi akan membuat Anda sedikit berfikir hal mana yang memungkinkan.

Jawaban pertama yang mungkin terjadi adalah karena sensor pembaca suhu mesin terendam air terlalu lama. Penjelasannya demikian, soket yang terdapat pada suhu mesin terhubung dengan water pump. Nah, tugas dari sensor adalah memberi sinyal melalui lampu di dasbor ketika terjadi suhu panas. Jadi kemungkinan pertama terjadinya overheat pada motor matic adalah dari sini. Jadi mulai saat ini Anda bisa lebih berhati-hati ketika menaruh motor, jangan meletakkannya di tempat yang memiliki genangan air tinggi. Selain itu, Anda juga tidak akan mendapatkan keuntungan jika menerabas banjir. Yang ada, Anda bisa menemui kerugian karena kemacetan dan terjadinya overheat ini.

Kemungkinan kedua terjadinya overheat adalah karena kotor dari debu atau lumpur yang mungkin tidak sempat Anda bersihkan. Sedangkan air bisa masuk melalui sela-sela soket yang ada. Nah ini juga bisa penyebab lampu overheat. Sebagai saran, akan lebih baik jika Anda memeriksakannya pada teknisi, sebagai langkah mungkin perlu untuk di-reset ulang jika kesalahan terus-terusan terjadi. Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah kipas radiator yang patah. Hal ini bisa saja terjadi karena dinding radiator bisa dirusak oleh usia yang dimiliki mesin ini. Sehingga kebocoran radiator bisa terjadi.

Sebaiknya jangan sepelekan hal kecil ketika terjadi overheat, karena kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah penutup radiator yang sudah getas sehingga bisa saja terjadi kebocoran melalui lubang pengisian. Nah beberapa hal diatas bisa menjadi pertimbangan Anda ketika masalah ini terjadi. Jika Anda telah mengetahui titik permasalahannya, maka Anda bisa dengan mudah untuk memperbaikinya. Dan ini juga merupakan sebuah teguran untuk pemilik motor yang berada di daerah banjir untuk lebih berhati-hati dalam memperlakukan motornya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar