Sabtu, 21 November 2015

Jupiter MX Buatan Hawadis Sadis



Bo'ong banget bro kalo lu anak liaran gak kenal motor Jupiter Mx yang satu ini apalagi mekaniknya…sekarang berita motor kenceng diliaran pun perkembangannya banyak di ikuti oleh mekanik-mekanik handal dan para pebisnis part racing dari balap resmi  drag bike hingga roadrace….wajar saja sekarang informasi telah terbuka lebar bagi siapa pun……selain itu juga kelas ini adalah kelas  bebas sebebas-bebasnya untuk bereksperiment  …..apalagi kali ini yang buat adalah masternya di dunia balap....balap resmi pula…sudah pasti racikan banyak yang tunggu2….secara…. bikin motor dengan cc kecil aja seperti roadrace yang kapasitas mesinnya 110cc bisa tembus power 20-25 HP dimana power standarnya Cuma 7-9 hp….apalagi kalo kelas liaran yang kapasitasnya rata-rata di atas 250cc…..di tambah lagi penggunaan part yang tidak di batasi….apa aja bisa di Templin di mesin kalo kantong lu tebel …yang penting judulnya kuenceng bro……


Nah…Bebearapa Bulan yang lalu motor Jupe MX ini sempet bikin heboh dunia persilatan tepatnya di sirkuit Sentul 12 juni 2015….gak ada-angin gak ada hujan tau-tau duuwwoor…duel dengan motor sport ninja 250 2 cylinder bore up pula lagi walau pun pada hasilnya harus menyerah pada jarak 450 an meter dengan mesin ganda Bisa Simak Video di bawah ini



…Walaupun demikian tetap saja banyak yang memberisimpati dengan motor  MX ini….salut karna berani Ngadepin motor yang standarnya aja sudah kenceng….apalagi di korek……Bukan main….dan di perkirakan motor ninja tersebut memiliki kapasitas mesin di atas 400cc….yang I B L J pernah Ulas Sebelumnya lu bisa baca di sini=> Ninja 250 turun di liaran ....dari sini lah banyak berdatangan riquest dari para IBLJ lover meminta agar IBLJ mengulas motor Jupe MX ini….nah akhirnya ga sia-sia upaya pun berbuah hasil….IBLJ mendapatkan kesempatan untuk menyambangi langsung workshopnya om hawadis di kawasan tanjung priuk Jakarta utara… padahal jadwal balapnya padat lo….namun beruntung bulan-bulan sekarang menjelang akhir tahun so otomatis pertandingan sudah mulai berkurang….ucap om hawadis yang taat ibadah itu.....Setelah ngobrol panjang lebar ngalor-ngidul ….kalo orang jawa bilang…. tiba lah sesi yang sangat di tunggu-tunggu… yaitu sesi bedah  mesin yang menjadi  daya tarik dan rasa penasaran banyak orang...ayo mari kita intip-intip....


 ….Tentunya Jam terbang hasil sentuhan  tangan dingin dari Om Hawadis pun menjadi  Chemistry di balik rahasia kencengnya motor ini …udah pasti pada penasaran kan bro kenapa mx ini bisa kenceng…? Apa aja si dalemnya….? mau tau aja apa mau tau banget….ih kepo deh lu (bahas alay…..hehehe).…santai  aja kawan kita ngopie dulu sambil kongkow-kongkow…


walau pun judulnya Jupiter MX Buatan Hawadis Sadis.....Tapi Bagi om hawadis spek motor ini ga sadis-sadis amat masih sederhana...dimana  diameter piston masih bertengger di angka 73mm...otomatis dalam pengaplikasian piston segede ini water jaket semuanya harus di pampet...lalu di pasang boringan baru menggantikan Diasil cylinder bawaan pabrik...karna boringanya jumbo agar tidak keliatan pada blok mesin bagian luar ...blok mesin harus di tambal sulam bagian kanan dan kirinya pokonya sekelilinya dah.... stang seher bahasa kerenya connecting road  cuma pake punya RXZ masih sama kayak orang-orang…




dengan sentuhan sedikit kreatifitas dan pengalaman…pada bagian pen piston pada stang seher di bosing dengan albronze…yang menurut om hawadis lebih kuat terhadap gesekan  …terbukti pen piston masih awet hingga saat ini…karburator sebelumnya menggunakan karburator sejuta umat alias PE 28….yang konon katanya salah satu penyebab kekalahan pada saat melawan N250 Ancol pada saat itu….tapi itu spek karbu yang lama kawan …sekarang udah ganti coy pake FCR 35 yang harga barunya di atas 12jt….modar lu…..


terbukti angin-angin motornya naik 1 detik dari time sebelumnya…..(Si Om Ngomongnya sambil bisik-bisik) hehehe……BTW Time sebelumnya berapa ya…..Wah  tambah pada Kepo lagi aja nih pemirsa……percikan busi pada kompresi  13,5:1 di ruang bakar untuk menyalakan semburan Bensol dengan timing yang  di mapping pada CDI BRT menghasilkan power yang di prediksi di atas 30HP pasnya si ga tau…maklum Cuma tebak-tebak buah manggis hehe...karena motornya pun memang belum pernah di dyno sebelumnya…tapi silahkan di analisa sendiri power ninja 250 standarnya 30 HP…kalo di bore up di menjadi  400cc lebih…berapa kira-kira powernya kalau bukan di atas 30HP…sementara pada saat race di ujung nempel …..masuk akal kan…Kenalpot menggunakan AHM tri oval tanpa Ubahan langsung plek…Bearing-bearing menggunakan FAITO type S720 yang lagi rame di liaran....hehehe iklan banget...



 

.....ooo iya Nyebutin Diameter pistonnya ga lupa juga panjang Strokenya yang panjangnya sama dengan diameter pistonnya itu sendiri yaitu 73mm configurasi bore dan stroke Square,kotak alias bujur sangkar….wih tapi strokenya lumayan tinggi juga bro…itu sebabnya blok mesin harus di  ganjel  paking tebal alumunium sekitar 5 mm…Diameter klep ga gede-gede amat sob....monggo silahkan lihat sendiri...hehe sori gw lupa ngukurnya kawan...alamak keceplosan....



 

Jika di perhatikan bentuk kubahnya merupakan sebuah kombinasi antara bentuk Bathtub/(Bak Mandi) dan Pentroof...mungkin ini salah satu Secret dari Jupiter MX nya om Hawadis...so pinter-pinter lu aja deh  kawan untuk menganalisa sendiri dari gambar-gambar yang IBLJ dapatkan ini... karna tidak 100% IBLJ dapat sebutkankan Spesifikasi motor ini secara rinci dan ditail (kode Etik)....dan kebanyakan orang bilang kalo yang bikin mesin sekelas Mekanik Om hawadis pasti barang-barang yg di pake mahal-mahal…ternyata engga juga tuh...masih 11,12 dengan spek-spek yang beredar di liaran pada umumnya....dan Om hawadis pun bisa menyesuaikan baget dan kebutuhannya.......Hebat-hebat....Padahal Udah jadi mekanik top di resmi.....masih aja mau nyempetin bikin mesin liaran....(ada kelomang nempel di atap...Mangtapppppp.....)


Spesifikasi Umum :

Piston : 73 mm
Stroke : 73 mm
Stang Seher : RXZ
CDI : BRT
Kompresi : 13.5 : 1
Carburator : FCR 35
Kenalpot : AHM
Bearing : Faito S720

Tidak ada komentar:

Posting Komentar