Kamis, 12 November 2015

Dampak Buruk Menggunakan Powerbank


Nah sobat droid kali ini saya akan membahas tentang dampak buruk menggunakan powerbank terhadap umur batrai pada smartphone, sebelumnya powerbank itu sendiri adalah battery atau portable charger yang berfungsi untuk mengisi daya pada batre gadget/ handphone Anda dimanapun dan kapanpun. Dengan power bank Anda tidak perlu takut lagi kehabisan batre dijalan, sehingga Anda lebih bebas dalam menggunakan gadget/ handphone Anda untuk browsing, cek email, chatting, main game, baca majalah, serta melakukan aktifitas lainnya tanpa takut kehabisan batre.

Kembali pada topik diatas, bahwasanya para pengguna HP android ( khususnya ) dan pengguna gadget berbagai sistem operasi ( umumnya) telah merasakan sendiri bagaimana efek yang ditimbulkan dari penggunaan PowerBank yang berkesinambungan atau terus menerus. Terkadang memang lebih enjoy menggunakan PowerBank daripada mencolok Listrik di rumah dan berlama-lama menunggu baterai Full. Bagi pengguna HP android tentu sudah merasakan bagaimana Borosnya Baterai Android, Karena Sistem operasi Android memang menjalankan berbagai aplikasi di balik layar ( Hidden layer ) yang berfungsi untuk kelancaran dan ke-stabilan dari sistem. maka tidaklah heran bila HP android lebih boros dari HP dengan sistem operasi Java atau Symbian.

Untuk Masalah PowerBank yang bisa membuat Umur Baterai Android jadi rentan memang tergantung dari sebab dan para user sendiri seperti :

Penggunaan PowerBank dengan kapasitas besar  yang terus menerus, dalam artian tidak dalam keadaan terpaksa menggunakannya memang memperpendek umur baterai. Perlu digaris bawahi, bahwasanya arus yang dikeluarkan (output maks PB biasanya 2A) dari powerBank sangatlah besar sekali. dan sudah bukan rahasia lagi kalau men-charge dengan powerBank tentu akan lebih cepat Full bukan ?.disitulah arus yang menentukan. Namun perlu diketahui, untuk hp saya saja hanya membutuhkan 1,3 A untuk mengecharge dengan charge asli, nah itulah yang membuat HP cepat terisi penuh bila menggunakan PB dengan kapasitas besar namun efeknya batre bisa hamil gan dan tentunya memperpendek umur batrai itu sendiri.

PowerBank yang dijual di pasaran dengan berbagai merek dan harga murah tentu saja menjadi incaran para pengguna android. dengan berfikiran bahwa hasilnya ( men-charge ) sama saja, mereka tidak mengetahui efek penggunaan Powerbank tanpa dilihat dulu spesifikasi PowerBank yang dibelinya.

Powerbank yang dibilang aman untuk baterai HP android anda adalah PowerBank yang sengaja dikeluarkan oleh vendor si pembuat gadget tersebut. karena tidak mungkin sang vendor gadget akan merekomendasikan salah satu produknya bila produk itu dapat merusak produk miliknya juga. Harga PowerBank yang dikeluarkan sang vendor tersebut tentu lebih mahal dari rata-rata PowerBank yang beredar di pasaran.

Penggunaan PowerBank yang terlalu berlebihan selain memperpendek umur baterai juga akan memperpendek umur komponen di dalam HP android anda. Lebih baik Gunakan PowerBank secara bijak dan jangan malas-malas men-charge Hp dengan alat charge bawaan Gadget.
Nah, dari penjelasan diatas yang singkat tentu sangatlah bijak dalam penggunaan eksternal power (PowerBank) sebagai pilihan. Kemudahan yang ditawarkan janganlah melenakan kita dalam menggunakannya.semoga ulasan diatas bermanfaat bagi kita semua.

Jika memang anda membutuhkan Powerbank hendaklah memilih Powerbank yang tepat dengan kebutuhan hp anda, jangan sampai justru merusak HP kamu sendiri ya. BE SMART BUYER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar