Ring piston diciptakan oleh John Ramsbottom pada Institution of Mechanical Engineers pada 1854. yang pada awalnya digunakan dalam mesin uap.Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping. Tidak banyak yang tau cara proses pembuatan ring piston seperti apa.... Termaksud para mekanik yang setiap hari bergelut dengan benda yang satu ini.....
Butuh waktu lama IBLJ mencari sumber refrensi bahasan ayang sekiranya dapat di bahas secara gambalang tentang cara pembuatan ring piston ini namun tidak menemukan jawaban yang memuaskan...kebanyakan dari bahasan hanya membahasnya sepenggal-sepenggal proses pembuatan...sampai terakhir IBLJ menemukan gambar pembuatan ring piston yang sekiranya dapat sedikit membuka pengetahuan kita seputar cara pembuatannya....Berikut adalah material-material yang biasa di gunakan pada ring piston
- Cast iron
- Cast iron alloyed for piston rings
- Nodular cast iron alloyed for piston rings
- Bronze
- Aluminum Bronze
- Phosphor Bronze
- Steel
- Stainless Steels for use in high temperatures
Bentuk awal bahan dasar dari ring piston itu sendiri adalah bahan baja coran berbentuk bulat panjang padat...
Bahan dasar ring piston yang terpasang pada mesin bubut |
Sebelum di potong-potong menjadi ring...terlebih dahulu di ratakan bagian permukaanya sekaligus menentukan ukuran diameter yang di tentukan Dengan menggunakan mesin Bubut perhatikan gambar di bawah...
kemudian melubangi bagian tengah seperti halnya membuat pipa dari bahan tersebut ....Hingga menyisakan ketebalan lingkaran yang di inginkan...setelah itu langsung di potong-potong sesuai dengan ukuran...
Pada saat pemotongan ring piston....mesin bubut menggunakan mata bubut yang berbeda.....Wew seru juga liatnya...Ga selesai sampai disitu ring piston yang habis di potong-potong tersebut kemudian harus di potong lagi agar terputus dari lingkaranya...dengan menggunakan penjepit Ragum dan kayu/papan sebagai media bantalannya....cekidot gamabar di bawah
Ring piston yang di potong |
Proses pembuatan ring piston ini hanyalah proses dasar yang belum di jelaskan seara ditail langkah-langkah selanjutnya ......ulasan ini lebih ke hal pengetahuan awal bagi kita yang awam tentang proses pembuatan ring piston...dan jika di lihat dari awal proses pembuatan ring piston yang IBLJ ulas kali ini bukan merupakan proses pabrikan...melainkan proses secara hand made/Custome (bikin sendir)...dan sekitar 60 tahun yang lalu Soiciro Honda (pembuat mesin honda) telah memulai awal usahanya dengan membuat ring piston....itu 60 tahun yang lalau lo....masa kita kalah dengan alat-alat yang serba modern seperi saat ini untuk mencobanya sendiri....
(Berbagai sumber)
Semoga terinspirasi
TERIMA KASIH
Berita terkait :
Video proses pembuatan Gear/roda gigi
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING
Video cara pembuatan Ban
Video Cara pembuatan CAM / Noken As
Cara membuat klep mesin 4 tak
Modifikasi klep BACK CUT VALVE
Video Cara bikin kenalpot
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar