Bearing magnetik tanpa gesekan |
Bagi kawan-kawan yang sering korek motor tentunya engga asing dong dengan bearing merek SKF....bearing yang di kenal dengan berbagai jenisnya ini telah berevolusi membuat bearing jenis baru.....Berbeda dengan yang biasa kita kenal dengan bearing yang menggunakan bola-bola / pelor di dalamnya sebagai bantalan untuk poros perputaran...pada motor balap biasanya di gunakan di hampir bantalan poros pada bagian mesin....seperti kruk as,Ratio dan lain sebagainya....Namun bearing yang kita kenal deangan cara kerja yang konvensional tersebut ternyata masih memeiliki kekurangan diantaranya masih menggunakan gaya gesek untuk memutarkan porosnya dimana akan menyebabkan getaran, walaupun manfaatnya sudah kita rasakan cukup bermanfaat dengan menggunakan bearing jenis convensional tersebut....
Bearing Konvensional dengan Bola |
Skema cara kerja Bearing magnetik |
Hehe..lumayan ngejelimet juga ya teorinya sob....tapi IBLJ engga harus memaksakan kawan-kawan untuk mengerti secara jelas teorinya seperti apa...cukup hanya memahami cara kerjanya secara logika bahwa semua itu memeng bisa di buat dan bisa di aplikasikan lo... bisa kebayangkan kita pake bearing SKF yang hi speed aja uda enteng banget apalagi bearing magnetic ini yang engga bersentuhan fisik wew super Hi speed.....gak kebayang secepat apa motor-motor masa depan jika menggunakan bearing magnetik ini...liat saja video yang ada di bawah dengan tenaga tiupan angin compresor putaran mampu mencapi hingga 10000 rpm gimana kalo pake tenaga mesin ???...Bearing ini bukan hanya cepat tapi juga presisi,lebih minim getaran dan terbebas dari kondisi suhu apa pun...Sejauh informasi ini di dapat belum ada penjelasan secara rinci kapan Bearing magnetic ini akan di lepas dipasaran dan kisara harganya.
Fitur :
- Rendah Getaran
- Bekecepatan tinggi
- Rendah konsumsi energi
- Tidak ada kontak fisik
- Bebas Pelumas
- Bebas dari Kontaminasi
Contoh analogi Video Bearig magnetik
Bering magnetik belum dalam tahap penyempurnaan
(sumber www.engineerlive.com)
TERIMA KASIH
Berita terkait :
Proses dasar cara membuat ring piston
Video proses pembuatan Gear/roda gigi
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING
Video cara pembuatan Ban
Video Cara pembuatan CAM / Noken As
Cara membuat klep mesin 4 tak
Modifikasi klep BACK CUT VALVE
Video Cara bikin kenalpot
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar