Jika sebelumnya kita telah mengetahui banyak teknologi tentang piston di antaranya piston dengan teknologi forged, Teflon, Offside, Hi dome...dimana telah kita telah banyak mengetahui keunggulan dari masing-masing teknologi tersebut.....karna sering kali di bahas pada media-media otomotif tanah air....namun ternyata masi banyak teknologi-teknologi di luar sana yang belum kita ketahui seputar teknologi piston.....mungkin karna kita terlalu fokus berkutat dengan piston-piston kendaraan motor saja, Sehingga lupa untuk mengexplor pengetahuan tentang teknologi lain seputar piston..... maklum lah negara kita sering disebut juga sebagai negrinya motor jadi kita terlalu fokus hanya di motor saja.
Teknologi piston yang akan I B L J ulas kali ini datang dari piston kendaraan roda 4 tepatnya adalah mobil....piston ini terbilang unik dan secara logika sangat menguntungkan untuk menjaga performa mesin untuk tetap setabil...umumnya banyak di gunakan pada kendaraan sport endurance seperti pada balapan mobil nascar di usa...namun tidak jarang juga di temukan pada kendaraan-kendaraan umum lainya..... seperti apa bentuknya perhatikan lingkaran-lingkaran kuning kecil pada gambar piston di bawah ini
Piston dengan vertical gas port |
ko ada lubang-lubang ya ?..... apa ga takut kompresinya bocor...?...Hehehe itu dia kelebihanya kawan.....Lubang-lubang kecil tersebut berfungsi untuk mentransfer tekanan kompresi menuju bagian belakang ring dan mendesak ring ke dinding linier atau boringan sehingga meminimalisasi terjadinya kebocoran kompresi pada bagian celah antara ring piston dan linier..... seperti gambar berikut
Perbedaan gas port |
Contoh gambar sebelah kiri adalah contoh piston yang menggunakan Radial Gas Port yang terletak pada bagian sisi samping melalui perantara lubang kecil yang seperti pada umumnya kita temukan pada piston-piston kendaraan bermotor (lihat gambar diatas radial gas port side view).....di mana kompresi agak sulit untuk mencapai bagian belakang ring piston sehingga kurang maksimal untuk menekan ring piston ke dinding linier/boring ....Seperti pada contoh gambar di bawah ini
Radial Gas port |
Namun jika menggunakan Vertical gas port tekanan kompresi langsung menuju pada bagian belakang ring piston dan menekannya pada diding boring...Hal tersebut dapat memaksimalkan kinerja dari ring piston baik yang masih baru ataupun yang sudah haus tsekalipun....karna kinerjanya terjadi secara otomotasi setiap
kali terjadi kompresi.... hanya saja jika menggunakan bensin premium yang mengandung timbal akan terasa sia-sia karna sisa pembakaranya akan meninggalkan keraknya dan akan menutup lubang-lubang gas port tersebut, Jadi di sarankan pada penggunaanya menggunakan bensin tanpa timbal
(Berbagai sumber)
Berita terkait : VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING
Profil Piston Wiseco
Video proses pembuatan Gear/roda gigi
Video cara pembuatan Ban
Video Cara pembuatan CAM / Noken As
Cara membuat klep mesin 4 tak
Modifikasi klep BACK CUT VALVE
Video Cara bikin kenalpot
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar