Selasa, 14 April 2015

Proses Balancing kruk as


 
Bisa di katakan Kruk as adalah pondasi awal untuk membangun motor untuk menghasilkan energi...jika kita aplikasikan dengan asal-asalan di jamin motor gak bakalan kenceng....karna momentum energi gerak yang di hasilkan oleh motor berasal dari benda yang satu ini....sekian nol koma mili saja oleng maka akan banyak energi yang terbuang dan getarannya pun BERRRRR......berasa banget....dan juga gak banyak mekanik bubut yang mahir untuk balancing kruk as ini apalagi sampai Zero Khususnya untuk balap.....kalau pun ada sudah pasti ngantri tuh tukang bubutnya untuk ngerjain bisa sampai berminggu-minggu untuk ngebandul dan balance aja....dan tentunya hal tersebut menjadi penasaran banyak orang emang cara ngerjainya gimana sih...???

Proses balancing daun Kruk as menggunakan dial indikator

Proses balancing daun Kruk as menggunakan sigmat
Banyak cara kebiasaan masing-masing mekanik bubut dalam pengerjaan Balancing ini ada yg cukup menggunakan alat ukur sederhana berupa penggaris/sigmat....ada yang hingga ditail menggunakan alat ukur dial indikator hingga beberapa buah dll....apapun cara mereka ujung-ujungnya pelanggan sendiri yang akan menilai kualitas dari pengerjaannya tersebut...salah satu indikatornya apabila pelanggan merasa puas dengan pengerjaannya biasanya pelanggan akan kembali lagi untuk pengerjaan-pengerjaan berikutnya....lalu bagaimana si pengerjaannya biar  ke dua daun kruk as tersebut bisa balance/seimbang....???
Pengerjaan ternyata sangat manual...yaitu dengan cara di pukul-pukul daun kruk asnya....tapi pukulnya ga sembarang pukul kawan....Pukulan mekanik bubut sangat terukur mereka memiliki filing yang berbeda dengan pukulan kita sebagai orang awam dan mereka tau posisi-posisi mana saja yang harus mereka harus pukul apalagi yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi.....simak gambar di bawah

Proses balancing daun Kruk as
Setelah di pukul-pukul pada bagian daun kruk asnya kemudian kruk as di putar-putar pada dudukan khusus yang di buat secara Custome... untuk melihat kelurusan as kanan dan kiri.....kira-kira masi oleng atau tidak....jika masi oleng maka proses pemukulan tersebut di lakukan berulang-ulang hingga menemukan titik Zero atau mendekati Zero... cekidot gambar di bawah...


Namun Mencari balancing kondisi zero antara as kanan dan kiri pada kruk as tidaklah mudah selain di butuhkan pengalam yang tinggi di tuntut juga ke uletan dan ketelitian dalam pengerjaannya....itu sebabnya tidak semua bengkel bubut menerima pengerjaan ini....karna selain memakan waktu yang cukup lama jasanya pun tergolong murah...untuk melengkapi ulasan ini I B L J mencantumkan 2 buah Video yang teman-teman bisa menjadikan bahan pengetahuan lebih jauh...tanpa bermaksud untuk menggurui kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat Terima kasih

Video prose Balancing kruk as tidak menggunakan dial indikator
KLIK GAMBAR


Video prose Balancing kruk as  menggunakan dial indikator



(Sumber Youtube )


Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia

1 komentar:

  1. Saya kadang kadang tidak percaya harus dipukul, saya kira didorong pake pres dg kekuatan setara pada saat mengepres pen stang seher.....

    BalasHapus