Senin, 06 Juli 2015

Tip's sederhana nyeting Carburator

Mencoba berbagi cara seting karbu on street. Kebiasan nongkrong di bengkel CLM asuhan Koh An (Andi Mulki) mantan muridnya om Chia (alm) serta mantan mekanik Tim Star Racing asuhan pak Beny Djatiutomo Bates Kreo Ciledug, membuat saya lebih paham mengenai bagaimana cara seting karbu yang baik dibawah bimbingan beliau langsung, terutama jika sedang diminta untuk jadi joki tester untuk motor2 garapan beliau...
Sebelum membahas tentang teknis nyeting karbu, saya jelaskan dlu beberapa hal tentang permasalahn setingan, parameter serta solusinya biar lebih paham menganalisa masalahnya

Pada garis besarnya, area seting karbu itu di bagi 3 yaitu
1. setingan bawah (dibawah 5rb rpm)
2. setingan tengah (antara 5-7rb rpm)
3. setingan atas (diatas 7rb rpm)

Mungkin masing2 motor bisa sedikit berbeda tergantung dari konfigurasi stroke dan bore nya, ada motor yg peak powernya di 7rb rpm, 8rb, 9rb bahkan di 12rb rpm. Anggap saja patokan range rpm diatas sdh mendekati angka yang pas. lanjuuut...



Gambar Karbu Pwk Sudco 34...bukan type Air Strike yah (barangkali ada yg nanyain hehehe...)


Nah, masing2 range rpm tsb merupakan area kerja dr beberapa part karburator.
Setingan bawah adalah area kerjanya PILOT JET
Setingan tengah adalah area kerjanya JARUM SKEP
Setingan atas adalah area kerja MAIN JET.

Masing2 area tersebut membutuhkan setingan berbeda2 untuk menghasilkan setingan yang enak dan saling sambung menyambung antar bagian parts tersebut mulai dari Pilot Jet, Jarum Skep hingga Main Jet...



Ini baru penampakan karbu Pwk35 Sudco Air Strike. Ada sirip di moncong karbu. Sama2 menganut Quad Vent dg 4 selang udara yg mampu menyuplai udara ketika mlakukan akselerasi. This Carb is give you an acceleration with out compromise...


Permasalahan seputar setingan karbu.

Sebelum melangkah pada solusi, terlebih dahulu saya sampaikan beberapa permasalahan yang terjadi pada masing2 tingkatan setingan karbu tersebut.

1. Permasalahn setingan BAWAH
-brebet
-ngayun (bedanya sdikit antara brebet dengan ngayun, btuh feeling yang tajam untuk menganalisanya, karena
  dari 2 permasalahan ini penyebab& solusinya berbeda)
- mesin gak bisa langsam
- knalpot nembak
- ulir busi berwarna hitam/ pucat
- di engkol susah hidup (alangkah nyamanya bs punya motor yang tokcer, sekali engkol langsung hidup
   kayak Den bagus, padahal spek tinggi hehehe...)
- apalagi yah...? silahkan bagi rekan2 kalo pengin nambahin yah...

2. Permasalahan setingan TENGAH
Permasalahan pada setingan menengah gejalanya hampir sama dg tarikan bawah. Di area inilah terjadinya pergantian suply gas masuk dari Pilot Jet ke Main Jet, alias area transisi. Setingan yg ideal adalah tarikan dr bawah akan "NYAMBUNG" ke tarikan atas tanpa ada jeda... Jika kita bs memperbaiki setingan tengah ini, maka kita laksana punya mesin motor serasa dg pengabutan injeksi, akselerasi saling sambung menyambung dari bawah hingga atas...3. Permasalahan setingan ATASSama dengan permasalahan setingan tengah, permasalahan setingan atas gejalanya sama dengan setingan bawah hanya saja ga berhubungan dg msalah langsam& knalpot nembak2.., yaitu brebet& ngayun (stagnan)

Parameter setingan karbu yang Ideal

Saya sering mendapat pertanyaan baik lewat inbox maupun lewat sms dari temen2 tentang "Bagaimana cara nyeting karbu yang ideal...?"Sebelum saya jawab, saya akan jelaskan dlu parameter ataupun tolok ukur setingan karbu yang pas.Masalah pas atau gak nya setingan karbu, satu satunya alat yg bisa mengukur hanyalah AFR Meter. Dimana alat ini berupa sensor gas yg di tempatnya di moncong knalpot (hanya bs dilakukan dg knalpot resing, krn ukuran sensornya yg lumayan besar dg terhubung kabel sensor...)


Sensor alat AFR meter yg dimasukan ke moncong knalpot


BERSAMBUNG....

Penulis : Wildan Zuhdi (Satria Den Bagus)

Semoga bermanfaat
TERIMA KASIH 
 Gabung Juga di grup IBLJ https://www.facebook.com/groups/325424470851397/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar