Honda terus berinovasi tanpa henti baik itu di sektor mekanis maupun elektrikal....Honda memang teramat sering mengenalkan teknologi-teknologi temuan terbarunya di bidang mesin....seperti yang sebelum-sebelumnya yaitu : Oval Piston Pada Honda NR 750 s......Dual clutch pada Honda VTR 1200
Oval Piston
Dual clutch
Unik-unik bukan ....Namun kali ini kita akan membahas Kruk As honda Exlin....terobosan teknologi Honda Exlink kali ini di buat dengan tujuan untuk menghemat bahan bakar...karna mekanisme langkahnya sungguh berbeda dengan kruk as Jenis konvensional atau yang umum kita gunakan sekarang...perhatikan gambar dibawah Exlink kiri dan Konvensional Kanan
1.Langkah Hisap
Perhatikan piston nya...langkah TMBnya berhenti tidak pada bagian paling bawah Cylinder
2. Langkah Compresi
Proses Langkah compresinya hampir sama posisiny dengan motor kruk as konvensional
3. langkah Daya / tenaga
Disni lah perbedaanya....pada saat langkah daya/tenaga piston bergerak lebih jauh pada saat posisi TMB (titik mati bawah)...berbeda denga mesin yang menggunakan kruk as biasa.... dimana langkah hisap dan daya/tenga jarak langkahnya sama panjang..... hal inilah yang membuat Kruk as Exlink memiliki kelebihan di banding kruk as jenis konvensional terutama dalam konsumsi bahan bakar....
4.Lagkah Buang
Berita Terkait :
- KRUK AS HONDA Exlink langkah hisap pendek langkah daya panjang
- Pengertian singkat Kelebihan dan kekurangan DOHC & SOHC
- Perbedaan Piston Off side dan tidak
- Mau tau ukuran stroke moto GP berapa?
- Ada 3 teknik cara mengukur durasi cam
- Pengertian,Over Stroke,Over bore dan Square
Semoga bermanfaat
TERIMA KASIH
Gabung juga di Grup I B L J Komunitas Drag Bike Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar