Lain Bulu Lain belalang....Lain dulu lain sekarang....pertumbuhan perekonomian Ibu kota ikut ambil andih dalam perubahan balap nonresmi di Jakarta dan di kota besar lainya....semakin pesatnya pertumbuhan penjualan otomotif khususnya motor yang menyentuh angka 8jt unit / tahunnya...memiliki impak pada dinamika balap yang ada sekarang khususnya di jakarta....dimana 60% roda perekonomian indonesia numplek dijakarta...sudah pastinya akan berimbas pada kehidupan di sekitarnya...termaksud balap nonresminya salah satunya...dari situlah timbul beragam jenis-jenis motor balap non resmi...dari sport,bebek hingga matic.. dari level Low samapai yang Hi grade...pokoknya macem-macem deh.....nah karna banyaknya spek makanya timbul sekarang dengan trand istilah Scrutineering/Scrut (cek fisik mesin) seusai bertanding.....sesuai dengan kesepakatan spek awal yang di tentukan....jika tidak sesuai maka di anggap batal....ya semi resmi lah itungannya....tujuannya si bagus....selain fokus mengadu dan mengasah skill si mekanik sekaligus juga belajar bermain sportif .
Dari bermain Scrut bagi yang kalah akan dapat berkesempatan untuk mencuri ilmu musuhnya yang menang...jadi ga rugi2 amat jika kalah karna bisa melihat rahasia dari spek daleman musuhnya....bila hal itu terus berlangsung bukan tidak mungkin pertumbuhan kemajuan korekan balap makin berkembang...karna terus meningkatkan dari spek yang sudah pernah di lihat sebelumnya....so ongomongin masalah liaran di jakarata bukanlah selalu hal yang negatif seperti anggapan banyak orang saat ini.....namun banyak pula hal yang positif yang bisa mereka petik ...tentunya hal tersebut jauh lebih baik di bandingkan menyibukan diri dengan hal negatif seperti narkoba atau belajar menjadi koruptor seperti pejabat di tv-tv hehehe.... so jangan selalu memandang sebelah mata anak-anak balap om..tante.
Karena spek balap nonresmi ini hanya dikenal oleh orang-orang jakarta saja sehingga banyak teman-teman I B L J yang dari luar daerah belum mengerti dengan istilah-istilah tersebut...untuk itu I B L J mencoba membahasnya.
Macam-macam Spek Liaran di Jakarta
58 Standar
Spek ini biasanya di berlakukan pada motor matic dan bebek namun yang paling umum disini adalah Matic khususnya mio...Selain kelas murah meriah....kelas ini juga menjadi kelas bergensinya para mekanik....karna di spek ini para mekanik lebih mempertaruhkan skillnya masing-masing dimana segala speknya sangat di batasi sesuai dengan ketentuan.... umumnya hanya memaksimalkan 80% komponen satandar bawaan motor, namun komponen yang paling mencolok yang harus di ganti adalah piston diameter 58mm...itu sebabnya kelas ini sering di sebut 58nan yang diambil dari diameter piston...Berikut ini kriterianya :
Spek rubahanya meliputi :
- Stroke Standar
- Diameter Maksimal piston 58,5 mm
- Klep Standar costume (Meliputi Diameter daun klep standar, Batang klep ada yang Bebas ada juga yang harus standar dan sudut klep ada yang bebas ada juga yang harus standar...tergantung kesepakatan)
- Karbu Standar reamer
- pengapian Standar (meliputi CDI, Magnet, Coil)
- kenalpot Standar Bobok (Custome tidak boleh kondom)
- CVT Bebas (Matic)
- Bobot Kendaraan Bebas
- Cacis Standar Custome (Meliputi Cacis potongan atau Lubang-lubang)
58 Bebas
Spek ini biasanya di berlakukan pada motor matic dan bebek namun yang paling umum disini adalah Matic khususnya mio.... sama halnya dengan 58 standar kelas ini masi merupakan kelas bergengsi bagi para mekanik untuk mempertaruhkan skill dalam modifikasi mesin dan nama bengkel...namun di kelas ini para mekanik di beri sedikit keleluasaan di mana di perbolehkan merubah stroke standar , klep besar dan beberapa komponen lainya sesuai dengan kesepakatan...Berikut ini kriterianya :
Spek rubahanya meliputi :
- Stroke Bebas (Tidak boleh pake paking tebal harus paking standar)
- Maksimal diameter piston 58,5 mm
- Klep bebas (Meliputi Diameter Klep, batang klep dan sudut Klep)
- Karbu (Bisa Bebas...bisa Standar)
- pengapian Standar (meliputi CDI, Magnet, Coil)
- kenalpot Standar Bobok (Custome)
- CVT Bebas
- Bobot Kendaraan Bebas
- Cacis Standar Costume (Meliputi Cacis potongan atau Lubang-lubang)
Selembaran atau Nol Paking
Biasanya di berlakukan pada semua jenis motor matic dan bebek seperti mio,satria fu,Jupiter karisma dll
Kelas ini sangat di tuntut kemahiran mekanik untuk melakukan stroke up setinggi-tingginya namun tetap menggunakan paking standar...contoh mio stroke standar 57,8mm stroke up menjadi 66mm namun tidak menggunakan paking tebal (alumunium) namun tetap menggunakan paking standar/kertas....inilah yang di maksud selembaran...alias selembar paking.......jadi jika dilihat sekilas mesin akan terlihat masi standar namun perubahan kapasitas mesin bisa meningkat hingga 2 kali lipat karena di padu dengan diameter piston yang besar pula.......Berikut ini kriterianya :
Spek rubahanya Meliputi :
- Diameter Piston bebas
- Stroke Bebas(Tidak boleh paking tebal/alumunium)
- Paking harus kertas selembar (Paking Standar)
- Klep bebas (Meliputi Diameter Klep, batang klep dan sudut Klep)
- Karbu bebas
- pengapian bebas (meliputi CDI, Magnet, Coil)
- pengapian standar (meliputi CDI, Magnet, Coil) Matic
- kenalpot bebas (bebek)
- Kenalpot Standar bobok (Matic)
- Cacis Standar Custome (Meliputi Cacis potongan atau Lubang-lubang)
Bebasan
Sesuai dengan namnya Kelas ini adalah kelas yang paling ekstreem karna di berlakukan pada semua jenis motor baik 2 tak maupun 4 tak dari matic , bebek hingga sport semua motor jenis tersebut bisa saja dapat bertanding tanpa memperdulikan lagi kategori motor tersebut, dan di kelas ini tidak melakukan scrute/cek fisik...Berikut ini kriterianya :
Spek rubahanya Meliputi :
- Jenis motor bebas
- Kapasitas cc Bebas
- Stroke Bebas
- Diameter Piston bebas
- Klep bebas (Meliputi diameter Klep, Batang Klep dan Sudut klep) untuk 4 tak
- Pengapian Bebas (meliputi CDI, Magnet, Coil)
- Cacis Bebas (meliputi Cacis Custome, alumunium dan titanium)
- Karbu Bebas
- Kenalpot Bebas
- Bobot Kendaraan bebas
- Di Perbolehkan Paking tebal/alumunium (untuk 4 tak)
- CVT Bebas (Untuk Matic)
keterangan Spek di atas bisa saja dapat berubah tergantung kesepakatan yang di tentukan.... dan jarak atau track yang berlaku untuk jakarta saat ini umumnya 500 meter... karna disini spek sifatnya dinamis dapat saja berubah seiring perkembangan trend yang berlaku...namun Penjelasan di atas adalah hal yang paling umum dan sering di gunakan...sekiranya dapat memperjelas kawan-kawan I B L J terutama yang berasal dari luar daerah jakarta yang kurang memahami istilah-isltilah spek tersebut....Tanpa bermaksud untuk menggurui kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat Terima kasih.
Berita Terkait :
- Vespa Drag londo Mototech
- Satria Fu Baron Pembungkam 2 tak
- Satria fu Twister Makin Nyanter
- Yamaha 125 Z 61 HP Yunani best time 6,4 detik 201m
- Jupiter Mx 4 tak di sulap menjadi 2 tak
- Jupiter MX 476 cc belum sempat merasakan aspal Indonesia
- Jupiter Mx Drag Staylish Palembang
- Gebrakan Kirana Abakura 4T Jakarta
- Jupiter MX Blok Head Scorpio Riau
- Garuda ABAKURA Cukup Disegani di Jakarta Barat
- Honda C Series Blok Head Honda CRF 250 30 Hp
- Honda Grand DOHC Hyper bore 350 cc
- Honda Grand, Dua Silinder Segaris 218 cc!
- Honda Grand 246 cc
- Motor Drag berbahan bakar LPG from BALI
- SUZUKI SHOGUN HYPER BORE / HEAD FU MEDAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar