Jika kemarin atau saat ini kita masi sering berkutik dengan carburator...dengan berbagai eksperimen untuk memaksimalkanya baik itu di reamer, rojok spuyer ganti skep dll....mungkin hal tersebut sudah menjadi makanan sehari....karna kerjanya pun yang masih konvensional dan sebagaian besar masi mengandalkan filing untuk menyetingnya... tentunya nilai koreksi dari yang kita dapat dan pelajari sangatlah tidak konstan.....karna dalam hal ini filing lebih berperan besar dari pada data.....namun saat ini tidak lagi demikian...
Dalam bahan bakar mesin injeksi , throttle body adalah bagian dari sistem asupan udara yang mengontrol jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin, Throttle body biasanya terletak antara saringan udara dan intake manifold , dan biasanya melekat, atau dekat, sensor aliran udara .
Bagian terbesar dalam tubuh throttle adalah pelat throttle , yang merupakan katup kupu-kupu yang mengatur debit aliran udara.
dengan kontrol throttle elektronik, yang mengontrol hubungan throttle dengan putaran gas terhubung tidak ke throttle body, tapi untuk sensor, yang mengirimkan posisi pedal ke Engin Control Unit (ECU)... ECU menentukan pembukaan throttle berdasarkan posisi pedal gas dan masukan dari sensor mesin lainnya...
Ketika memelintir gas, throttle plate / kupu-kupu berputar dalam throttle body, membuka bagian throttle untuk memungkinkan lebih banyak udara ke intake manifold. Biasanya sebuah sensor aliran udara mengukur perubahan ini dan berkomunikasi dengan ECU.....lalu ECU kemudian meningkatkan jumlah bahan bakar yang dikirim ke injeksi bahan bakar untuk mendapatkan yang diinginkan rasio udara-bahan bakar . Seringkali posisi throttle sensor (TPS) dihubungkan ke poros dari pelat throttle untuk memberikan ECU dengan informasi apakah throttle berada dalam posisi idle/Langsam atau terbuka lebar, jika berada di suatu tempat yang memiliki suhu yang tidak stabil.....kebayangkan kepresisian dan kemudahanya jika menggunakan sensor ....masing-masing dari komponen thorttel dan secara keseluruhan sistem injekasi saling berkomunikasi untuk bekerja sama menghasil pembakaran yang sempurna di segala kondisi tempratur.... so lebih akurat dan tidak main filing lagi dong...walaupun kita masih belum sering berkutat dengan benda ini.....kelak cepat atau lambat kita pasti akan berkecimpung dengan Thorttel body ini khususnya para modifikator mesin....inilah perubahan
Tanpa bermaksud untuk menggurui semoga bermnfaat
(berbagai sumber)
Terima kasih
Berita Terkait :
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia- Perklep Sarang Lebah
- Membaca Engine Performance Curve
- Apa Itu AFR (Air Fuel Ratio) 2
- Free Dowload Software CDI REXTOR
- Mengenal CDI lebih dekat
- Memahami waktu pengapian motor standar dan balap
- Download buku petunjuk Cara seting CDI REXTOR
- Keuntungan Menggunakan Booster DC Pada motor
- Sitem Pengapian CDI - AC
- Sistem Pengapian CDI-DC
- Sudut = Derajat
- Pulser positive dan Pulser negative
- CDI Programmable Cheetah Power
- CDI RACING PREDATOR
- CDI BOOSTER ZONA 13
- BOOSTER 25 SPEED
Tidak ada komentar:
Posting Komentar