Ternyata bahan baku awalnya hanya berupa besi panjang seperti pensil yang di jepit pada dudukan dan di panaskan pada bagian kepalanya yang ingin di jadikan payung klep sampai memerah atau mendekati titik didih agar mudah di bentuk
Kemudian setelah bagian yang di panaskan tadi mulai memerah ...di tekan dengan beban benda berat agar menjadi pipih/gepeng seperti payung cekidot gambar di bawah yang mulai melebar akibat dari tekanan dari mesin pencetak.....
Agar pada bagian belakang payung klep melengkung ...sebulumnya memang sudah di sediakan cetakannya agar sesuai dengan yang di inginkan tentunya setelah lepas dari cetakan tersebut masi butuh langkah-langkah proses finising lainya jadi belum bisa langsung di pakai sob.....
Kurang lebih seperti gambar di bawah ini jika klep di angkat dari cetakanya.....payungnya masi merah membara...siapa yang berani pegang I B L J kasi hadiah nih.....hehehehe
Wih cakep.....ups tapi jangan salah kaprah sob....klep IN dan EX memiliki material yang berdeda lo Seperti kita ketahui semua klep isap hanya dialiri uap bahan bakar, campuran udara dan bensin. Makanya saat bekerja klep isap tetap dingin. Sedang kan klep buang dilewati sisa pembakaran, tentunya suhu disana lebih panas. tentunya klep buang perlu menggunakan material yang lebih tahan panas......untuk membedakanya secara awam gunakan saja magnet/besi berani...jika di dekatkan nempel berarti klep tersebut adalah klep IN dan yang tidak nempel berarti klep buang atau EX....
Material yang di gunakan oleh pabrikan umumnya untuk klep isap menggunakan material logam SUH 11 sedang klep buang menggunakan SUH 35. SUH 35 lebih tahan panas, bisa tahan pada suhu sampai 800 derajat celcius, Sumber material (Product Development Indopart) tentunya langkah-langkah di atas merupakan proses langkah awal pembuatan klep karna masih di perlukan proses finising agar klep siap di edarkan di pasaran salah satunya prosesnnya adalah hardening.
(Sumber gambar Alibaba.com)
TERIMA KASIH
Berita terkait :
Teknologi-teknologi Klep
Cara membuat klep mesin 4 tak Sendiri
Bearing Magnetic SKF Zero Friksi
Proses dasar cara membuat ring piston
Video proses pembuatan Gear/roda gigi
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING
Video cara pembuatan Ban
Video Cara pembuatan CAM / Noken As
Cara membuat klep mesin 4 tak
Modifikasi klep BACK CUT VALVE
Video Cara bikin kenalpot
Gabung juga di Grup Facebook I B L J Forum komunitas drag bike Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar