Contoh SKF tertera kode 6301 RSI/C3 MT47.
6 = Type Ball Bearing
3 = Menunjukan Dimensi (Diameter,Tebal,Tinggi)
01 = Ukuran Lingkar dalam Bearing (00 memiliki Nilai Linkar dalam 10 mm,01 (12mm), 02 (15mm), 03 (17mm), 04 (20mm), 05 (25mm)
RS = Rubber seal (penutup karet)
C3 = (kerenggan antara bola bering dan Bantalan bering)
Satuan kerenggangan atau Clearance adalah mikron. 1 mikron sama dengan 1/1000 mm.
MT = Medium Temperatur
Bagian-bagian Komponen pada Bering
KODE BEARING MESIN
Kruk as
SUPRA / SUPRA-X / NOVA / SONIC / PRIMA / GRAND / LEGENDA 6304 - 6304
C70 / C700 / C800 / A800 / ASTEA WIN 6304 - 6304
SUPRA / SUPRA-X / NOVA / SONIC / PRIMA / GRAND / LEGENDA 6304 - 6304
C70 / C700 / C800 / A800 / ASTEA WIN 6304 - 6304
- Kaze 6205/6204
- KSR 6205/6204
- Zupiter Z 6304/6205
- Y125 Z 6205/6205
- F1ZR 6205/6205
- RXZ 6304/6205
RX King 6304/6205
RX King 6304/6205
- Suzuki RG 6205/6205
- Satria Ru 6205/6205
Mio,Nuvo 6305 & 63/22Satria Fu 6007 & 63/28IBFXR 150 6007 & 63/28IBTIGER 6304 - 6304
Camshaft
Mio,Nuvo 6305 & 63/22Satria Fu 6007 & 63/28IBFXR 150 6007 & 63/28IBTIGER 6304 - 6304
GL MAX-P / GL MAX-C / GL MAX NEO / GL PRO-P / GL PRO-C / GL PRO-NEO / 6304 - 6304
CB 100 / CB125 6304 - 6304
C902 / BENLY 6205 - 6205
Gear
Tiger 6203
GL MAX-P / GL MAX-C / GL MAX NEO / GL PRO-P / GL PRO-C / GL PRO-NEO / 6203
CG100 / CG110 / CG125 / 6203
CB 100 / CB125/ 6203
GL100 / GL125 / GL100 (CDI) Gear 6203
C902 / BENLY 6205
SUPRA / SUPRA-X / NOVA / SONIC / PRIMA / GRAND / LEGENDA 6203
C70 / C700 / C800 / A800 / ASTEA WIN 6203
C70 / C700 / C800 / A800 / ASTEA WIN 6203
Camshaft
-
- Revo 6904/6001Z
- JupiterZ 110 6003 / 6002Z
- Zupiter Z 115 6003 / 6002Z
- Nuvo / Mio 6904/6002
- MX / 6906 / 6001Z
-
KODE BEARING RODA DEPANMOTOR BEBEK
6301 Generasi Astrea Grand, Supra X, dan Legenda, Suzuki Satria CW 120 dan Satria F-150)
6201 Supra Fit sampai Karisma 125)
6300 Dipakai di satu sisi generasi Suzuki Tornado, Shogun 110-125, Satria 120R dan S, Smash, Generasi Yamaha F1-Z, JupiterZ Jupiter MX 135LC, Vega, Kawasaki Kaze, Blitz, dan ZX130
6200 Dipakai di satu sisi generasi Suzuki Tornado, Shogun 110- 125, Satria 120S dan 120R
MATIC
6201 Honda Vario
6300 Suzuki Spin, Yamaha Mio, Nouvo
MOTOR SPORT
6301-RS1 Honda GL Max, GL100, GL-Pro, GL Pro Neo Tech, Mega Pro, GL Max Neo Tech, NSR150, Tiger 2000, Honda Win, Suzuki Thunder 125
6301-2RS1 Honda Tiger C/W
6301-Z Yamaha YT115
6300-Z Suzuki A100
6300-RS1 Suzuki RGR150
6201-RS1 Suzuki TS125 (sebelah kiri)
6201-Z Suzuki TS125 (sebelah kanan)
6302-Z Suzuki Thunder 250
6202 Yamaha RX-King, RX-Z, RZ-R, Kawasaki Ninja, Ninja R C/W,
6202-Z Yamaha RX-S
BEARING RODA BELAKANG
BEBEK
6201-RS1 Honda Supra Fit, Karisma, Kirana, Supra X 125
6201 (sebelah kiri dalam) Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash (full chain case), Tornado, Satria F-150
6201-Z (bagian kiri luar) Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash, Tornado GS, Satria F-150, Kawasaki ZX130
6300-Z (bagian kiri luar), Tornado GX
6301-Z (bagian kanan), Suzuki Bravo, Shogun 110, Shogun 125, Satria R, Smash, Tornado GS atau GX, Satria F-150, Kawasaki ZX130
6301-RS1 Honda Supra Fit, Astrea Grand, Astrea Star, Karisma, Kirana, Legenda, Supra, Supra X, Supra X 125, Yamaha F1-Z atau ZR, Sigma, Crypton, Vega, Jupiter-Z, Jupiter MX 135 LC
6301-Z Yamaha F1-Z atau ZR, Sigma, Crypton, Vega, Jupiter-Z, Jupiter MX 135
6202-Z Generasi Kaze dan Blitz
6302-Z Generasi Kaze dan Blitz
MOTOR SPORT
6302-RS1/MT Honda GL-Max dan GL- Max Neo Tech, GL100, GL-Pro dan Pro Neo Tech, Mega Pro
6202-RS1/MT Honda GL-Max dan GL-Max Neo Tech GL-Pro dan Pro Neo Tech
6203-RS1/MT Honda NSR150 dan Tiger 2000, Yamaha RX-125,
6301-RS1/MT Honda Win, Yamaha RX-King
6201-Z/C3MT (kiri) Suzuki A100 6202-Z/C3MT (kiri) RGR150, TS1256202-RS1/C3MT (kiri) Suzuki Thunder 2506302-Z/C3MT (kiri-kanan) Thunder 1256301-Z/C3MT (kanan) Suzuki A1006302-RS1/C3MT (kanan) RGR150, TS125, Thunder 2506202-RS1/MT Yamaha Scorpio6202/MT Yamaha YT115, RX-King, RX-Z, RZ-R
6202-Z/MT Yamaha YT115, RX-Z, RZ-R
6202/C3MT Kawasaki Ninja, Ninja R/CW
6302-Z/MT Kawasaki Ninja, Ninja R/CW
Keterangan :
1. RS = Rubber seal (bearing ditutup sil atau karet)
2. Z = Bearing ditutup pelat
3.2RS = Double rubber seal ( tertutup depan belakang karet )
4.2Z.= Double pelat ( tertutup depan belakang dengan seng )
5.C = Clearnce Ball Bearing (kerenggan antara bola bering dan Bantalan bering) semakin besar angka di belakang C maka semakin besar tingkat kerenggangannya contoh C3,C4,C5
6.MT (Medium Temprature) = Menunjukan Tempratur
Umumnya pada bering mesin balap memiliki kerenggangan yang cukup besar seperti C5 ...agar ball bering pada saat memuai tidak / macet....di karenakan mesin balap selalu bekerja pada rpm dan temperatur yang tinggi..... untuk mendukung performa bering tersebut agar lebih maksimal penggunaan oli harus di sesuaikan dengan kebutuhan....
Jika kawan-kawan ada yang mengetehui jenis kode beringn lainya...agar bermanfaat bagi kawan-kawan lainya ... silahkan tambahkan pada kolom komen Blog....semoga bermanfaat terima kasih
Berita terkait :
- Tip's Memilih Aplikasi stang seher standar untuk Stroke Up
- CARA APLIKASI SENSOR OXYGEN (AFR)
- Modifikasi klep BACK CUT VALVE
- Bikin tabung Skep Carburator Sendiri
- Satria FU meggunakan bearing di CAM
- Cara membuat klep mesin 4 tak
- Rasio Motor Standar
- BUKU KOREK MESIIN 2 TAK DAN 4 TAK
- Perhitungan Lebar Squish Band pada Head Motor 2 Tak
- Cara menghitung diameter kleep ideal untuk mesin 4 kleep
- Rod Stroke Ratio
Gabung juga di Grup I B L J Komunitas Drag Bike Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar